Written by Siswoyo
http://waspadamedan.com/
Hamzah Fansuri adalah seorang ulama suluk, pujangga yang menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui syair-syairnya yang sangat terkenal di abad ke 16. Seorang pengelana negeri-negeri Arab dan Parsi dalam rangka menimba ilmu, juga dijelajahinya Pahang dan Kudus.
Kitab- kitab ulama besar Parsi Jalaluddin Rami sangat mempengaruhi jiwanya. Bahkan beliau bercita-cita menterjemahkan kitab-kitab dalam bahasa Arab dan bahasa Parsi ke dalam bahasa Melayu. Setelah sekian lama melakukan pengembaraan ke berbagai negeri, Hamzah Fansuri kembali ke tanah lahirnya Barus.
Fansuri adalah Barus
Di zaman sekarang ini, kalau disebut Fansuri maka sebutan itu adalah Hamzah Fansuri. Nama Fansuri telah melekat pada Hamzah Fansuri padahal Fansuri adalah nama Wilayah Barus yang sejak zaman dulu terkenal dengan kapur barusnya.
Di Barus hidup sibur talibun dan gurindam Barus yang terkenal itu. Salah satu gurindam Barus berbunyi sebagai berikut :
Tipu Aceh gurindam Barus
Olok- olok pembayar hutang
Mungkin etnis Aceh merasa tersinggung mengenai kata “tipu Aceh”, yang dirasa seolah-olah orang Aceh itu penipu semua. Padahal sejarah membuktikan yang dimaksud dengan “tipu Aceh” adalah strategi dan diplomasi orang Aceh dalam menghadapi bangsa asing yang datang dari Barat.
Seperti menghadapi Portugis, Belanda, Inggris. Sementara itu Sultan Aceh mempunyai diplomasi yang begitu lihai dalam kegiatan dagang dengan pihak pendatang dari Barat.
Salah satu contoh strategi yang disebut “tipu Aceh” itu adalah taktik yang dilakukan oleh Teuku Umar Johan Pahlawan. Pada saat persiapan amunisinya telah berkurang dan memerlukan tambahan senjata. Teuku Umar pura-pura menyerah berpihak kepada Belanda dalam masa Perang Aceh. Setelah persenjataan dan amunisi telah banyak terkumpul, maka Teuku Umar bergabung kembali dengan pasukannya dan kembali menyerang Belanda.
Sangking enaknya orang Barus mengobrol dengan menggunakan gurindam dan pantunnya, orang yang berhutang tidak perlu membayar hutangnya. Artinya orang yang berhutang bisa lemas melalui kata-katanya yang ucapannya manis dan menawan hati.
Dada Meraxa dalam bukunya “Sejarah Kebudayaan Suku-suku di Sumut” (1973) mengungkapkan kesusastraan lisan di Barus pada masa yang lalu tumbuh dan berkembang dengan suburnya. Pantun, talibun, gurindam terdengar di mana-mana. Dalam acara perkawinan anak negeri, di kedai-kedai kopi, di lerang gunung diantara anak gembala. Bahkan di tepi laut juga terdengar diantara nelayan yang berjiwa seni.
Kias mengkias dimasukkan dalam gurindam curahan hati para remaja atau derita hidup dialirkan dalam pantun “talibun”. Yang paling disukai dimasa yang lalu hingga masa sekarang adalah satu lagu yang terkenal bernama “Sikambang”.
Hamzah Fansuri seorang ulama yang pemikiran-pemikirannya mengenai Tuhan didakwahkan dalam bentuk syair, juga mengisi syairnya dengan filsafat. Seseorang yang pernah mempelajari ilmu filsafat dapat merasakan tingginya tasauf dalam syair yang berbunyi sebagai berikut :
Banyak insan terlalu bebal
Sangkanya dunia abadi kekal
Enak matanya tidur di bantal
Segala salahnya dia tak soal
Mari segala yang mubtadi
Mencapai hakikat Muhammad Nabi
Karena ilmu pertama terjadi
Kenyataaan Maklukat dari Ilahi
Barang siapa arif mengenal
Ia sempurna bahagia
Karena ilmu itulah yang mulia
Kenyataan Tuhan selalu sedia.
Ayuhai segala bernama fakir
Amal diperbanyak ingat dan fakir
Tatkala sekarat jangan menyingkir
Itu pesuruh dari pada Amir.
Hamzah Fansuri melakukan penggembaraan ke berbagai negeri termasuk Mekah dan shalat di Kakbah mencari Tuhan. Inspirasinya yang maha kudus dilukiskannya dalam satu syair yang isinya amat mendalam.
Hamzah Fansuri didalam Mekkah
Mencari Tuhan dibait alka’bah
Di Barus di Kudus terlalu payah
Akhirnya dapat didalam rumah
Melalui syair ini jelaslah beliau seorang ulama yang tidak puas-puasnya mencari ilmu dan senantiasa merasakan Tuhan meliputi segalanya. Maka untuk mengenal Tuhan beliau bersyair sebagai berikut :
Sidang fakir empunya kata
Tuhanmu lahir terlalu nyata
Jika sungguh engkau bermata
Lihat dirimu pandanglah nyata
Dalam syair ini Hamzah Fansuri kemukakan, bahwa Tuhanmu lahir terlalu nyata, jika sungguh engkau bermata”. Lihat dirimu pandanglah nyata. Yang dimaksud oleh ulama itu kekuasaan Tuhan itu terlalu nyata Tuhan yang menjadikan langit dan bumi serta anak manusia yang begitu sempurna serta seluruh isi alam ini. Karena itu tidak heran kalau Allah menyindir anak manusia dalam Al-quran “Afala takkilun?” “(Apakah engkau tidak berakal?”).
Nama Hamzah Fansuri terkenal dan dikenal dimana-mana. Popularitasnya itu juga sampai kedalam Kraton Sultan Iskandar Muda Mahkuta Alam (1607-1936). Di dalam Kraton Iskandar Muda sebelumnya telah ada beberapa orang ulama yang terkenal, seperti Syekh Syamsuddin bin Abdullah Al Sumatrani, Syekh Ibrahim Al Syami dan Syekh Nurruddin Al Raniri dari Gujarat yang menulis kitab Bustanussalatin. Syekh Al Raniri sangat besar pengaruhnya terhadap Sultan Iskandar Muda. Dimasa itu bahasa yang digunakan dalam Kraton Sultan Aceh adalah bahasa Melayu.
Karena kemasyuran nama ulama Hamzah Fansuri maka beliau diundang oleh Sultan Iskandar Muda ke Aceh yang pusat Kesultanan di Lameri (Kutaraja). Penghujung abad ke 16 yaitu tahun 1596 berangkatlah Hamzah Fansuri ke Kutaraja (Banda Aceh sekarang) bersama 20 orang sahabatnya untuk memangku jabatan sebagai ulama dan Penasehat Sultan dalam lingkungan Kraton. Dimasa itu daerah pesisir barat termasuk Barus berada dalam kawasan takluk Sultan Iskandar Muda.
Setelah beberapa lama Hamzah Fansuri mengajar di Kesultanan Aceh dirasakan sekali faham antara satu ulama dengan yang lain tidak dapat disatukan. Masing-masing membawakan Mazhabnya sendiri-sendiri. Sehari demi sehari, sebulan demi sebulan pertentangan terus berlangsung seperti api dalam sekam. Hamzah Fansuri telah melihat dan merasakan hal tersebut, tetapi beliau tidak perduli.
Pernah sekali terjadi perdebatan antara Ulama Al Raniri dengan Hamzah Fansuri dan Hamzah Fansuri menguraikan pendapatnya sebagai berikut :
Aku melihat Tuhan dengan mata Tuhan
Aku mendengar dengan telinga Tuhan
Aku merasa dengan lidah Tuhan
Akulah Tuhan
Ucapan yang sedemikian rupa itu sangat menggemparkan terutama di lingkungan Kraton. Apalagi pengajian umum pada waktu itu belum sampai sejauh pelajaran suluk Hamzah Fansuri. Lawan-lawan Hamzah Fansuri terutama Al Raniri seorang ulama yang sangat berpengaruh dalam Kraton memberitahukan kepada Sultan Iskandar Muda Hamzah Fansuri mengaku Tuhan.
Hukumnya orang yang demikian adalah kafir. Karena itu Sultan memerintahkan untuk membakar semua kitab-kitab Hamzah Fansuri dan beliaupun di penjarakan. Kemudian beliau kembali ke Barus dan mengajar di negeri kelahirannya.
Mengenai ucapan Hamzah Fansuri dalam perdebatannya dengan Syekh Al Raniri yang mengatakan “Aku melihat Tuhan dengan mata Tuhan”. Baru-baru ini penulis menanyakan kepada Ustaz Dr. H.Sarbaini Tanjung,MA ketika dilangsungkan pengajian subuh setelah shalat subuh berjamaah di Mesjid Taqarub Jalan Darussalam Medan, mengenai pengertian kalimat tersebut di atas.
Ustaz Sarbaini Tanjung kemudian menanyakan kepada kami kelengkapan dari kalimat Hamzah Fansuri tersebut. Kami katakan bunyinya sebagai berikut :
Aku melihat Tuhan dengan mata Tuhan
Aku mendengar dengan telinga Tuhan
Aku merasa dengan lidah Tuhan
Akulah Tuhan
Dijelaskan oleh Ustaz Sarbaini Tanjung, tiga baris kalimat tersebut memang ada dalam hadis tetapi yang tidak boleh digunakan kata-kata “Akulah Tuhan”. Dalam kaitan ini katanya Husin al Halaz pernah mengatakan, Tuhan dalam kantong jubahnya, beliau dibunuh. Demikian juga Abu Jazid Al Bustami, ketika ditanya apakah Abu Yazid ada di rumah, beliau menjawab Abu Yazid tidak ada, yang ada Tuhan. Karena ucapannya itu dia juga dibunuh.
Penilaian manusia terhadap seseorang yang menggunakan kata-kata “Akulah Tuhan”, mungkin berbeda dengan penilaian Allah, kita tidak tahu bagaimana penilaian Allah terhadap mereka. Dikatakan oleh Ustaz Sarbaini Tanjung, kata-kata “Akulah Tuhan” tidak boleh digunakan.
Last but not least Hamzah Fansuri adalah seorang ulama suluk dan seorang pujangga yang banyak menulis prosa dan puisi termasuk syair yang di dalamnya menyampaikan pesan dakwah. Tapi sayang di masa beliau hidup tidak terpelihara dengan baik. Apalagi ada masalah perbedaan paham yang menyebabkan kitab-kitabnya dibakar. Kebetulan masih ada juga yang tertinggal di antara Syair Dagang antara lain berbunyi sebagai berikut :
Wahai dagang yang hina
Ketahui hidup dalam dunia
Sebagai jati tiada berbunga
Bagi burung tiada berguna
Wahai sekalian kita yang kurang
Nafsumu itu lawan berperang
Jauhkan tamak baiklah kurang
Jaga dirimu jatuh ke jurang
Amat-amati membuang diri
Menjadi dagang di segenap negeri
Baik-baik engkau pikiri
Supaya selamat hari-hari.
@http://waspadamedan.com/07 June 2010
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
A Khoirul Anam
A. Khoirul Anam
A. Mustofa Bisri
A. Qorib Hidayatullah
A.C. Andre Tanama
A.D. Zubairi
A.S. Laksana
Abd. Basid
Abdul Aziz
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Gaffar
Abdul Hadi W.M.
Abdul Rauf Singkil
Abdul Rosyid
Abdul Salam HS
Abdul Wachid B.S.
Abdullah Alawi
Abdurrahman Wahid
Abidah El Khalieqy
Abimardha Kurniawan
Abu Nawas
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Ach. Tirmidzi Munahwan
Achmad Faesol
Adam Chiefni
Adhitya Ramadhan
Adi Mawardi
Adian Husaini
Aditya Ardi N
Ady Amar
Adzka Haniina Al Barri
AF. Tuasikal
Afrizal Malna
Afrizal Qosim
Agama Para Bajingan
Aguk Irawan Mn
Agus Buchori
Agus Fahri Husein
Agus Fathuddin Yusuf
Agus R. Sarjono
Agus Sulton
Agus Sunyoto
AH J Khuzaini
Ahmad Anshori
Ahmad Badrus Sholihin
Ahmad Baso
Ahmad Fatoni
Ahmad Hadidul Fahmi
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Khotim Muzakka
Ahmad Maltup SA
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Muhli Junaidi
Ahmad Syafii Maarif
Ahmad Syauqi Sumbawi
Ahmad Tohari
Ahmad Y. Samantho
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ainur Rohim
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Fatoni
Akhmad Sahal
Akhmad Taufiq
Akhudiat
Alang Khoiruddin
Alang Khoirudin
Ali Audah
Ali Mahmudi CH
Ali Rif’an
Aliansyah
Allamah Syaikh Dalhar
Alvi Puspita
AM Adhy Trisnanto
Ami Herman
Amien Wangsitalaja
Amin Hasan
Aminullah HA Noor
Amir Hamzah
Ammar Machmud
Andri Awan
Anindita S Thayf
Aning Ayu Kusuma
Anjar Nugroho
Anjrah Lelono Broto
Antari Setyowati
Anwar Nuris
Arafat Nur
Ariany Isnamurti
Arie MP Tamba
Arie Yani
Arif Hidayat
Arif Saifudin Yudistira
Arifin Hakim
Arman AZ
Arwan
Asarpin
Asef Umar Fakhruddin
Asep Juanda
Asep S. Bahri
Asep Sambodja
Asep Yayat
Asif Trisnani
Aswab Mahasin
Atiqurrahman
Awalludin GD Mualif
Azizah Hefni
Azwar Nazir
B Kunto Wibisono
Babe Derwan
Badrut Tamam Gaffas
Bale Aksara
Bandung Mawardi
Bastian Zulyeno
Bayu Agustari Adha
Beni Setia
Benny Benke
Berita
Berita Duka
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budiawan Dwi Santoso
Buku Kritik Sastra
Candra Adikara Irawan
Capres dan Cawapres 2019
Catatan
Cawapres Jokowi
Cerpen
Chairil Anwar
Chairul Abhsar
Chairul Akhmad
Chamim Kohari
CNN Indonesia
Cucuk Espe
Cut Nanda A.
D Zawawi Imron
D. Dudu AR
Dahta Gautama
Damanhuri Zuhri
Damhuri Muhammad
Dami N. Toda
Damiri Mahmud
Danarto
Danuji Ahmad
Dati Wahyuni
Dea Anugrah
Dea Ayu Ragilia
Dede Kurniawan
Dedik Priyanto
Den Rasyidi
Deni Jazuli
Denny JA
Denny Mizhar
Detti Febrina
Dewi Kartika
Dian Sukarno
Dian Wahyu Kusuma
Didi Purwadi
Dien Makmur
Din Saja
Djasepudin
Djauharul Bar
Djoko Pitono
Djoko Saryono
DM Ningsih
Doddy Hidayatullah
Donny Syofyan
Dr Afif Muhammad MA
Dr. Simuh
Dr. Yunasril Ali
Dudi Rustandi
Dwi Fitria
Dwi Pranoto
Dwi Rejeki
Dyah Ratna Meta Novia
E Tryar Dianto
Ecep Heryadi
Edeng Syamsul Ma’arif
Edy A Effendi
Edy Susanto
EH Ismail
Eka Budianta
Ekky Malaky
Eko Israhayu
Ellie R. Noer
Emha Ainun Nadjib
Esai
Esha Tegar Putra
Evi Melyati
Fachry Ali
Fahmi Faqih
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Faizal Af
Fajar Kurnianto
Fanani Rahman
Fatah Yasin Noor
Fathurrahman Karyadi
Fazabinal Alim
Festival Literasi Nusantara
Festival Sastra Gresik
Festival Teater Religi
Forum Santri Nasional
Fuad Mardhatillah UY Tiba
Furqon Lapoa
Fuska Sani Evani
Geger Riyanto
Ghufron
Gola Gong
Grathia Pitaloka
Gugun El-Guyanie
Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin
Gus Dur
Gus Muwaffiq
Gusriyono
Gusti Grehenson
H Marjohan
H. Usep Romli H.M.
Habibullah
Hadi Napster
Halimi Zuhdy
Hamdy Salad
Hamid Jabbar
Hamka
Hammam Fathulloh
Hamzah Fansuri
Hamzah Sahal
Hamzah Tualeka Zn
Hanibal W.Y. Wijayanta
Hanum Fitriah
Haris del Hakim
Harri Ash Shiddiqie
Hartono Harimurti
Hary B. Kori’un
Hasan Basri Marwah
Hasnan Bachtiar
Hasyim Asy’ari
Helmy Prasetya
Hendra Makmur
Hepi Andi Bastoni
Heri Listianto
Heri Ruslan
Herry Lamongan
Herry Nurdi
Heru Kurniawan
Hilmi Abedillah
Hotnida Novita Sary
Hudan Hidayat
Husein Muhammad
I Nyoman Suaka
Ibn ‘Arabi (1165-1240)
Ibn Rusyd
Ibnu Sina
Ibnu Wahyudi
Idayati
Ignas Kleden
Ilham Khoiri
Ilham Yusardi
Imadi Daimah Ermasuri
Imam Hamidi Antassalam
Imam Khomeini
Imam Nawawi
Imam Nur Suharno
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Nasri
Imron Tohari
Indonesia O’Galelano
Indra Kurniawan
Indra Tjahyadi
Inung As
Irma Safitri
Isbedy Stiawan Z.S.
Istiyah
Iwan Kurniawan
Iwan Nurdaya Djafar
J Sumardianta
Jadid Al Farisy
Jalaluddin
Jalaluddin Rakhmat
Jamal Ma’mur Asmani
Jamaluddin Mohammad
Javed Paul Syatha
Jaya Suprana
Jember Gemar Membaca
Jo Batara Surya
Johan Wahyudi
John Halmahera
Joko Pinurbo
Joko Widodo
Joni Ariadinata
Jual Buku Paket Hemat
Junaidi
Jurnalisme Sastrawi
Jusuf AN
K. Muhamad Hakiki
K.H. A. Azis Masyhuri
K.H. Anwar Manshur
K.H. M. Najib Muhammad
K.H. Ma'ruf Amin
Kabar Pesantren
Kafiyatun Hasya
Kanjeng Tok
Kasnadi
Kazzaini Ks
KH Abdul Ghofur
KH. Irfan Hielmy
Khansa Arifah Adila
Khoirul Anwar
Khoirur Rizal Umami
Khoshshol Fairuz
Kiai Muzajjad
Kiki Mikail
Kitab Dalailul Khoirot
Kodirun
Komunitas Deo Gratias
Koskow
Kritik Sastra
Kurniawan
Kurtubi
Kuswaidi Syafi’ie
Kyai Maimun Zubair
Lan Fang
Larung Sastra
Leila S. Chudori
Linda S Priyatna
Linda Sarmili
Liza Wahyuninto
Lukisan Potret K.H. Hasyim Asy'ari karya Rengga AP
Lukman Asya
Lukman Santoso Az
M Arif Rohman Hakim
M Hari Atmoko
M Ismail
M Thobroni
M. Adnan Amal
M. Al Mustafad
M. Arwan Hamidi
M. Bashori Muchsin
M. Faizi
M. Hadi Bashori
M. Harir Muzakki
M. Kanzul Fikri
M. Mustafied
M. Nurdin
M. Yoesoef
M. Yunis
M.D. Atmaja
M.H. Abid
M.Harir Muzakki
M.S. Nugroho
M.Si
M’Shoe
Mahamuda
Mahdi Idris
Mahendra Cipta
Mahmud Jauhari Ali
Mahrus eL-Mawa
Mahwi Air Tawar
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mansur Muhammad
Marhalim Zaini
Maria Hartiningsih
Marjohan
Marsudi Fitro Wibowo
Martin van Bruinessen
Marzuki Wahid
Marzuzak SY
Masduri
Mashuri
Masjid Kordoba
Masuki M. Astro
Matroni
Matroni el-Moezany
Matroni Muserang
Mbah Dalhar
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Miftahul Ulum
Mila Novita
Mochtar Lubis
Moh. Ghufron Cholid
Mohamad Salim Aljufri
Mohammad Kh. Azad
Mohammad Yamin
Muh. Khamdan
Muhajir Arrosyid
Muhammad Abdullah
Muhammad Affan Adzim
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Ali Fakih AR
Muhammad Amin
Muhammad Anta Kusuma
Muhammad Ghannoe
Muhammad Idrus Djoge
Muhammad Itsbatun Najih
Muhammad Kosim
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Mukhlisin
Muhammad Quraish Shihab
Muhammad Subhan
Muhammad Wava Al-Hasani
Muhammad Yasir
Muhammad Yuanda Zara
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun AS
Muhyiddin
Mujtahid
Muktamar Sastra
Mulyadi SA
Munawar A. Djalil
Munawir Aziz
Musa Ismail
Musa Zainuddin
Muslim
Mustafa Ismail
Mustami’ tanpa Nama
Mustofa W Hasyim
Musyafak
Myrna Ratna
N. Mursidi
Nasaruddin Umar
Nashih Nashrullah
Naskah Teater
Nasruli Chusna
Nasrullah Thaleb
Nelson Alwi
Nevatuhella
Ngarto Februana
Nidia Zuraya
Ninuk Mardiana Pambudy
Nita Zakiyah
Nizar Qabbani
Nova Burhanuddin
Noval Jubbek
Nu’man ’Zeus’ Anggara
Nur Fauzan Ahmad
Nur Wahid
Nurcholish
Nurel Javissyarqi
Nuruddin Al Indunissy
Nurul Anam
Orasi Budaya
Pangeran Diponegoro
Parimono V / 40 Plandi Jombang
PC. Lesbumi NU Babat
PDS H.B. Jassin
Pesantren Tebuireng
Pidato
Politik
Pondok Pesantren Al-Madienah
Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang
PonPes Ali bin Abi Thalib Kota Tidore Kepulauan
Pramoedya Ananta Toer
Prof. Dr. Nur Syam
Profil Ma'ruf Amin
Prosa
Puisi
Puji Hartanto
Puji Santosa
Pungkit Wijaya
Purwanto
Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
PUstaka puJAngga
Putera Maunaba
Putu Fajar Arcana
R. Ng. Ronggowarsito
Radhar Panca Dahana
Raedu Basha
Rahmat Sudirman
Rahmat Sularso Nh
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Rakhmat Nur Hakim
Ramadhan Alyafi
Rameli Agam
Rasanrasan Boengaketji
Ratnaislamiati
Raudal Tanjung Banua
Reni Susanti
Resensi
Restoe Prawironegoro Ibrahim
Retno HY
Riadi Ngasiran
Ribut Wijoto
Ridwan Munawwar
Rinto Andriono
Risa Umami
Riyadhus Shalihin
Riza Multazam Luthfy
Robin Al Kautsar
Rodli TL
Rohman Abdullah
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Saifuddin Syadiri
Saifudin
Saiful Amin Ghofur
Sainul Hermawan
Sajak
Salahuddin Wahid
Salamet Wahedi
Salman Faris
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sandiaga Uno
Sanggar Pasir
Sapardi Djoko Damono
Sartika Dian Nuraini
Sastra Pesantren
Sastrawan Pujangga Baru
Satmoko Budi Santoso
Satriwan
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
SelaSastra Boenga Ketjil
Sihar Ramses Simatupang
Sinopsis
Siswanto
Siswoyo
Sita Planasari A
Siti Muyassarotul Hafidzoh
Siti Sa’adah
Siwi Dwi Saputro
Slavoj Zizek
Snouck Hugronje
Sobih Adnan
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
St Sularto
Suci Ayu Latifah
Sufyan al Jawi
Sugiarta Sriwibawa
Sulaiman Djaya
Sundari
Sungatno
Sunu Wasono
Surya Lesmana
Suryadi
Suryanto Sastroatmodjo
Susianna
Susringah
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutan Takdir Alisjahbana
Sutardi
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Suyanto
Syaiful Amin
Syaifullah Amin
Syarif Hidayat Santoso
Syeikh Abdul Maalik
Syeikh Muhammad Nawawi
Syekh Abdurrahman Shiddiq
Syekh Sulaiman al Jazuli
Syi'ir
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Theresia Purbandini
Tiar Anwar Bachtiar
Tjahjono Widijanto
Tok Pulau Manis
Toko Buku PUstaka puJAngga
Tu-ngang Iskandar
Turita Indah Setyani
Umar Fauzi Ballah
Uniawati
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Usep Romli H.M.
Usman Arrumy
UU Hamidy
Viddy AD Daery
Virdika Rizky Utama
W.S. Rendra
Wa Ode Zainab Zilullah Toresano
Wahyu Aji
Walid Syaikhun
Wan Mohd. Shaghir Abdullah
Warung Boengaketjil
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Welly Adi Tirta
Wiwik Hastuti
Wiwik Hidayati
Wong Fei Hung
Y Alpriyanti
Yanti Mulatsih
Yanuar Widodo
Yanuar Yachya
Yayuk Widiati
Yeni Ratnaningsih
Yohanes Sehandi
Yopi Setia Umbara
Yosi M Giri
Yudhi Fachrudin
Yudi Latif
Yusi Avianto Pareanom
Yusri Fajar
Yusuf Suharto
Zaenal Abidin Riam
Zainal Arifin Thoha
Zainuddin Sugendal
Zakki Amali
Zehan Zareez
Tidak ada komentar:
Posting Komentar